Pages

Aug 22, 2016

#PregnancyUpdate : 36 weeks

Glek! 36 Weeks =  9 bulan kan yaaaa.

Tapi Pak Dokter bilang masih 39-40 weeks kok baru baby-nya keluar. Kok bisa ya, aku taunya dari dulu ibu mengandung itu 9 bulan 10 hari, betul ga si?

Kabar 36 weeks, adalah semakin bulat. Jumat lalu ke dokter udah 59 kilo! Bao Bei sendiri udah 2,7 kilo. Pak Dokter bilang masih normal. Tapi tetep mamanya jangan makan karbo n gula terlalu banyak. Kaki makin bengkak, apalagi pas pulang kerja. Tidur malam positif cuma bisa hadap kiri dan hadap kanan, nggak bisa telentang sama sekali. Tidurku sih tetep pulas ya, mungkin karena tiap hari masih kerja juga, kan bangun jam 6 pagi jam 9 malem udah berat aja nih mata.

O iya mau update, 2 minggu lalu akhirnya cobain kelas Pilates reguler di Halcyon Studio, Jayanata. Bayar 100rb untuk ikutan kelas insidentil. Kalau mau paket 1jt untuk 12x pertemuan. Ada juga kelas privat-nya. Feel free untuk WA si asistennya sigap banget jawabin satu2.

Si instruktur-nya baik banget, dan masih muda. So envy, di bawah 25 kayaknya, karena semuda gitu udah ada passion yang bener2 dijadikan profesi *tepuk tangan*. Ok back to Pilates. It was one hour full of sweating! But it was fun! Ada beberapa gerakan yang dimodif khusus buat aku, karena aku hamil gede. Satu kelas isinya sekitar 8 orang, emang dibatesin, jadi bener2 bisa fokus kali ya ngliatin peserta satu2. Rata2 pada umur muda semua, paling cuma 2 orang ibu2 gitu.

Sementara baru 1x ikut kelas ini karena sadar diri udah semakin gede *takut ngerepotin si instruktur hihihihi*. Jadi banyak latihan prenatal yoga aja di rumah pake video you tube Sarah Beth. Mungkin next time kalo udah brojol baru cari waktu ke sana lagi.

Kabar terbaru dari persiapan Bao Bei brojol adalah beli baby box! Yay! We just purchased Nuna Sena. So pretty! Seriously. Hopefully Bao Bei betah nanti di sana yaaa. Sementara barang2 Bao Bei lainnya kita dapat lungsuran dari sodara2 *puji Tuhan* jadi nanti yang beli sendiri ga terlalu banyak.

Next hunting adalah drawer bayi. Aku pengen banget nanti bisa ngatur kayak wardrobe-nya Cheesie:




Semoga bisa ketemu drawer yang cucok baik harga maupun model hahahaa..

Next update is baby's name! To be true aku sama suami belum yakin 100% mau kasih nama siapa. Adapun kita baru 60% yakin. Hahaha.. Nama itu kan dibawa terus sama anak ya, jadi kita mau yang bener2 dia bisa happy dengan nama yang dikasih mama papa-nya, nama yang artinya bagus, nama yang ga ribet spell nya, nama yang cantik, nama yang nggak pasaran, hahaha ribet kan yaaa..

Oya kemarin Sabtu sempet diare, 9 bulan hamil baru ini kena diare. Penyebabnya apalagi kalo nggak makanan pedas (nasi merapi Kartiko, ada yg pernah cobaaa? Enak, pedes bangetttt, cuma bisa beli di Pasar Atum) *mama bad* XD.

Semaleman tidur nggak enak karena beberapa kali ke toilet. Terus paginya langsung WA pak Dokter. Untungnya cuma disuruh minum entrostop 2 tablet dan diulang lagi kalo diare masih lanjut hingga 4 jam. Dan kalo masih diare juga disuruh ke UGD. Langsung pak suami ke mini mart deket rumah, aku minum 2 tablet, ke toilet 1x aja, abis itu berhenti, dan normal lagi. Puji Tuhan.

Foto 36 weeks, somehow kelihatan kurus ya pipi aku hihihi *suami pinter foto*


Till the next update!

Aug 1, 2016

Cerita Senam Hamil

Kali ini mau bahas khusus senam hamil.

Jadi seperti yang aku cerita 3 minggu lalu, aku coba call RS mana yang ada senam hamil hari Sabtu. Cek sana sini akhirnya aku pilih senam hamil di RSIA Kendangsari Merr, rumah sakit baru di jalan Soekarno Hatta, Surabaya. Kelasnya bayar 30ribu sekali datang. Kalo mau paket 4x, bayar 100ribu. Jadwalnya kebetulan aku cuma tanya hari Sabtu, jadi nggak tanya2 hari lain. Jam 9 mulai.

Pagi itu bangunnya agak buru2, karena semalamnya nonton film sama suami. Sempetin sarapan jagung rebus juga, ga lucu kan kalo bumil senam kelaparan hahaha. Jadi nyampe RS jam 9:05, berasa udah sangat telat. Eh, ternyata sampe sana, suruh nunggu dulu, karena ruangan masih disiapkan. Sekitar 15 menit nunggu, baru disuruh naik. Sampe di ruangan senam nya, ternyata udah ada beberapa ibu-ibu.

Ruangannya besar, ada matras2 mungkin muat sekitar 20an orang. Pertama-tama kita antri dulu, registrasi, bebayaran, ukur tensi, dan dipinjemin baju senam (kayak piyama all size gitu, kedodoran). Jadi dari rumah sebenarnya nggak perlu pake baju senam/sepatu ataupun bawa matras karena udah disediakan RS.

Terus abis ganti, cari posisi matras agak depan (biar keliatan nanti instrukturnya), trus nunggu lagi. Nggak tau ya, apa nunggu kelasnya full kali ya. Liat jam, mungkin sekitar 9:50 baru mulai.

Total 12 orang dan akhirnya mulai juga!

Instrukturnya mulai memperkenalkan diri dan menjelaskan bila senam hamil ini adalah senama Yophytta yaitu kepanjangan Yoga, Philates, dan Taichi. Okesip!

Senam dibagi 3 sesi:
- Sesi 1 namanya afirmasi sekitar 10 menitan kita disuruh duduk bersila, dan mengusap perut, sambil mendengarkan audio, yang isinya adalah bahwa bayi yang dikandung adalah buah cinta orang tua (seriously!! haha) dst dst mirip2 gitu.
- Sesi 2 mulai senam (yey akhirnya) kita disuruh gerakan pemanasan (karena enteng banget, nggak keringetan blas) sambil tarik napas dan buang napas. Sekitar 20 menitan eh kelar looo (zonk!)
- Sesi 3 namanya relaksasi, kita disuruh tiduran posisi hadap kiri, sambil memegang perut. Dan audio mulai dinyalakan lagi. Isinya kita harus melepaskan kebencian, dst dst, terus disuruh tidur (beneran tidur!) -> krik krik krik......

Mana yoga nya? Mana pilates nya? Mana taichi nya? O_o

Setelah itu kita disuruh nunggu, karena 2 orang suster bergantian ke masing2 ibu untuk mengukur detak jantung bayi. Habis itu ganti baju dan dibagiin goodie bag (ini satu2nya yang bikin hepi dari kelas ini hahaha) yang isinya: roti 2pcs, air mineral botol, Pigeon tisu basah dan sample breast pad dan 1 pouch refill Dettol sabun cuci tangan (lumayan kannn?)

Abis itu ada Sales Assistant Anmum, bagiin tester susu Anmum coklat dingin, yang surprisingly enak banget (dibandingkan Prenagen) -> jadi langsung aku beli 1 pack seharga 75rb (aku cek di Superindo harganya 85rb lo, jadi lumayan hemat 10rb hehehe)

Minggu depannya pas kontrol ke Dr. Chandra, dia mulai nyaranin harus ikut senam hamil. Eh kok pas ya. Aku cerita kan kalo ikutan senam hari Sabtu lalu di RSIA Kendangsari Merr, tapi ngerasa kurang greget. Trus aku tanya apa ada rekomendasi di mana dan pak dokter nyaranin ke RKZ.

Akirnya aku coba telp ke RKZ Surabaya, telponnya susah masuk banget masa ampun. Pegimane kalo ada darurat ya hmmmm.. (darurat ya nggak pake telpon yun, langsung cus lah ke sana kaliiii)

Begitu bisa nyambung, aku langsung tanya ada kelas senam hamil nggak hari Sabtu. Dan susternya jawab ada jam 8 pagi. Dan karena aku baru mulai ikut, disuruh datang jam 7 pagi sodara2.

Dasar niat ya, aku dong jam 6 udah bangun, sarapan kue keju di mobil, dan jam 7 udah di sana. Gila RS ini jadul banget (tapi bersih terawat kok), serasa ke taman2 di film jaman dulu gitu. Setelah nanya sana sini (para susternya baik kok, padahal katanya RKZ terkenal susternya galak, nggak kok. Waktu aku tanya2 sih mereka baik2, tempatnya geday banget jadi bukannya sengaja nanya2 nggak penting) akhirnya sampai juga di loket bagian senam hamil. Dilayani ama suster yang baik juga. Registrasi dulu terus bayar 26rb. Dan disuruh nunggu. Suster nyaranin ke kafetaria dulu, nanti jam 8 baru balik situ. Biar ke ruangan senamnya barengan sama yang lain.

Ke kafetaria (sama, pake nanya2 juga, geday serius!) pesen kopi susu (dokter aku nggak larang minum kopi, asal udah biasa sebelum hamil), dan buka2 instagram. Jam 8 kurang 5 menit aku balik ke tempat tadi dan baru ada aku sama 1 ibu lain. Sempet ngobrol2, dan ternyata sama2 hamil 8 bulan, dan pertama kali senam hamil di RKZ. Eh kok 8:30 belum mulai juga. ngobrol lagiiiii. Sampai jam 9 kurang baru kita disuruh naik. Dan ternyata total pesertanya..... 4 orang saja. Hahaha.

Dan lagi2 zonk, karena gerakan senamnya basic pemanasan banget. Nggak keringetan blas. Akhir sesi juga disuruh tidur (ada apa dengan tiduran pas senam hamil yaaa?). Total senam hamil di RKZ cuma 30 menit mungkin. Aku merasa sangat rugi udah datang dari jam 7 pagi T_T huhuhu (dan nggak dapet goodie bag!).

Nah Sabtu kemarin, karena nggak mau rugi lagi senam hamil di RS yang menurutku terlalu enteng (note: tiap bumil beda2 yaaa, jadi jangan disamain) aku coba download video Youtube Sarah Beth Yoga. Videonya ada yang khusus prenatal yoga, rata2 15-20 menit saja. Ada juga yang 1 jam tapi harus bayar. Males lah ya, secara yg gratisan tinggal x3 ya udah sejam #smartmommy XD




Sabtu lalu aku coba yoga sendiri di rumah pake video yang prenatal workout, dan turn out gobyos keringatan! Akhirnya! Ini loh baru namanya senam hahaha. Aku rasa di 34 weeks ini gerakan2 dari video ini oke banget, nggak susah2 amat, tapi tetep bikin keringetan.

Dan sesi berakhir dengan difotoin suami hihihihi *senang*


Jul 26, 2016

DIY Wall Art

I have a huge love for beautiful prints. So when we finally moved to our own house (praise Lord), I told Calvin that I want to make a wall art. He was as excited as I am, because he simply loves the mechanical tools, you know things included nails and hammer, hahaha.

For my DIY Wall Art, I bought various sizes of frames: 30cm x 30 cm, 8R and 4R. And for the prints, I googled it with the keyword: wall art free printable.

A photo posted by yunie henoek (@yuniehenoek) on


Mine are from:

here and
here

There are a lot of it, so feel free to express yourself in it, because it is so fun and therapeutic.

I also found out another fun way to make DIY wall art by using my old scrapbook tools. You can see on my "He has made.. " frame, it was actually from 30cm x 30 cm paper and some alphabets stickers. Not bad, right?

I am so happy with the result and really want to add more frames later.


Jul 15, 2016

#PregnancyUpdate : 31 weeks

Nggak percaya udah masuk minggu ke-31. Kok cepet yaaaa. Kalo menurut om obgyn perkiraan lahir maju jadi tanggal 10 September, padahal sebelum2nya 16 September.

Mulai awal minggu ini officially udah mulai pakai baju hamil sekarang di kantor, baru beli 1 sih, aku beli di butik Mamma, Pasar Atum. Cukup oke lah, model basic hem, tapi ada tali belakang gitu. Celana si aku nyaman pake maternity legging H&M, cuma kadang suka tricky aja, karna harus pake atasan yang agak panjang, biar nggak keliatan bokong oversize XD. Aku juga beli celana katun buat kerja di Mamma, turn out nggak nyaman dipakai. Bahannya kurang enak aja gitu. Enakan pake legging. Jadi selama kerja sekarang mix n match aja terus biar hemat hahaha.

Perut semakin bundar dan maju ke depan, dan minggu ini mulai muncul stretchmarks warna merah di area bawah perut *jreng jreng*. Itu pun karna suami yang kasih tau, dia yang lihat. Perut gede aku udah menghalangi pemandangan ke area bawah hahaha.

Emang sih aku cuma pake extra virgin olive oil atau lotion biasa, dan ga setiap hari juga. Pas awal2 hamil, masih tenang: ah nggak ada kok stretchmarks nya. Skarang baru kebingungan. Apa dibiarin aja ya. Kayaknya kalo mau beli krim2an khusus kok udah telat, iya nggak sihhhh.

Terus skarang makin lebih sering pipis, kayak waktu awal hamil gitu. Dan begitu telat dipipisin, perut bisa kencang dan tegang gituuu. Bahkan pas libur lebaran kemarin suami ajak ke Tretes aja aku tolak, saking takutnya kalo kebelet2 pipis di jalan, secara rame kan ya, iya kalo pas ada SPBU, dan gimana kalo toiletnya jorok, ughhh.

Terakhir kontrol ke obgyn 2 minggu lalu, dan dikasih tau next appointment per 2 minggu sekarang. Menurut obgyn semua normal, tapi selalu diingetin tiap akhir appointment, karena aku mau lahiran normal, nggak boleh makan banyak karbo dan manis2, biar bayinya nggak kegedean *jreng*.

Craving minggu2 ini menurut aku lebih heboh dari pada sebelum2nya. Bawaannya lapar mulu. Dan nasi juga biasa 1/2 porsi, skarang kalo dikasi 1 juga bisa abis *glek*. Cuma aku kadang sadar diri, jadi suka aku kasih 1/4 ke suami dan ganjel setelahnya pake buah. Yang agak susah itu craving makanan sama minuman manis. Asli deh, si suami ini suka banget minum manis2, semacam pucuk harum, floridina, dll. Dulu aku ga doyan lo, skarang bisa kepengen banget gitu. Aku sih akalin nya, kalo lg groceries ya jangan beli. Jadi di kulkas juga nggak ada stok *smart mommy* XD. Yang aku suka buat ganjel kalo laper di rumah itu kacang hijau. Jadi resepnya dari mamaku. Kacang ijo direbus aja, pake api kecil, sambil ditambahin air terus, sampai kacang ijo nya pecah. Enak kok, edible, asal dikasi gula *secukupnya ya yunnn*.

Baby kicks sekarang kok jadi baby massage ya bokkk. Kalo weeks2 sebelumnya kan Bao Bei suka nendang 'duk duk' gitu. Sekarang itu seisi perut aku kayak lagi di massage dari dalam, dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah dst. Lucu siiiih, karena kerasanya geli banget. Hahaha.

Skarang officially punya pedicurist pribadi yaitu suami! Hahaha. Senangnya ada yg potongin kuku kaki, walopun nggak pake dipijet, tetep aku grateful. Lumayan rapi lagi untuk ukuran cowok kayak dia. Hihihi.

Btw kaki aku semakin bengkak T_T. Apalagi betis. Dari dulu sih, bawaan betis udah gede banget. Ketambah hamil ini, jadi makin menjadi lah. Hahaha *ketawa miris*. Sepatu kantor sih masih muat. Aku pakai Dexflex yang super nyaman itu. Beli di Payless. Beneran enak, nggak sakit juga. The best flat shoes!

Menyiasati kaki bengkak, kalo malem mau tidur suka aku naikin ke dipan kasur. Jadi posisi aku terbalik, 180 derajat dari posisi tidur. Cuma skarang nggak bisa lama2, karna perutnya nggak nyaman juga, kan posisi perut telentang soalnya. Kalo 10-15 menit masih oke lah. Udah 2 mingguan aku naikin kaki aku kayak gitu, so far sih nggak terlalu kelihatan bengkaknya kempes sih XD jadi kok rasanya nggak ngefek. Hahaha.

Oh iya besok aku perdana ikutan kelas senam hamil di RSIA Kendangsari MERR. Tadi iseng aja telpon dan ada jadwal jam 9 pagi. Aku pikir nothing to lose lah, secara ikutan kelasnya cuma 30rb, hehehe. Dibandingkan ikutan kelas yoga yang sebulan bisa berjuta2 itu.

Sekian update 31 weeks. Happy weekend everyone! (masih grateful karna kantorku tiap Sabtu libur skarang *terharu* *terima kasih Tuhan*)







Jun 29, 2016

Antipodes Rejoice Light Facial Day Cream

Ceritanya masih dari pencarian produk skincare organik. Tiba-tiba di internet dan instagram muncul banyak review bagus dari brand asal New Zealand: Antipodes. Blogger Indonesia yang pernah review contohnya Alodita dan Kae Pratiwi jadilah aku tahu brand Antipodes ini. Padahal dulunya nggak pernah denger brand ini blas. Hahaha.

Nah terusss, sekitar bulan lalu, aku kehabisan moisturiser. Menurutku moisturiser ini salah satu step penting dalam skincare aku, karena jenis kulitku yang kering, jadi kalo nggak pakai ini, foundation atau BB cream nggak bisa nempel. Jadi kalo pas moisturiser udah mulai sedikit, aku mulai cari-cari gantinya. Aku si beberapa tahun terakhir ini setia sama Shiseido Ibuki Refining Moisturizer Enriched, tapi namanya perempuan ya, gatel banget pengen coba ini itu. Hahaha. Sempet cobain sample Goodness punya moisturiser, ya masih aja gatel cobain yang lainnya.

Eh kok ya pas lagi suka buka website online shop benscrub.com. Gawat deh. Langsung cari keyword moisturiser. Awalnya mau beli yang vanilla pod moisturiser, tapi pas baca review ada yang bilang krimnya 'too heavy' dan sticky. Langsung coret dari pilihan. Cari review lain sana sini, akhirnya klik 'add to cart' si Antipodes Rejoice Light Facial Day Cream. As simple as that XD.

Super pretty packaging dari Benscrub




Kalo dari web Antipodes deskripisnya kayak gini:

60ml / 2.1fl oz

SCIENTIFICALLY SHOWN TO STIMULATE SYNTHESIS OF COLLAGEN PRODUCTION IN HUMAN SKIN CELLS BY UP TO 59%*

A light and non-oily facial day cream to enhance your skin's natural hydration. All-organic ingredients of manuka flower oil and avocado oil combine with macadamia and jojoba to balance and moisturise. Manuka flower oil has antibacterial and healing properties. Retain youthful skin with the extraordinary collagen-boosting powers of avocado oil. This cream boasts joyful fragrances of sweet almond and vanilla pod

Moisturiser ini memang sesuai klaimnya: light dan non-oily. Me like it so much! Dipakai di muka langsung menyerap dan ninggalin rasa lembap yang ngga lengket atau berminyak. Wanginya menurutku 'too organic' susah dideskripsikan. Tapi menurut suamiku yang protes tiap kali aku pakai, katanya baunya kayak bau kaki (sorry!) hahaha. Padahal di deskripsi katanya wangi almond dan vanila, tapi aku blas nggak cium kedua wangi itu XD. 

Unfortunately setelah semingguan pakai pagi dan malem, aku notice mukaku malah jadi kering. Apalagi pas kalo udah siang menjelang sore. Jadi kayak ketarik gitu di area pipi hingga ke rahang. Sama muncul dry patches yang berujung bikin merah-merah area pipi. Jadi bruntusan gitu dan foundation jadi jelek banget T_T. Aku nggak suspect produk lain, karena kebetulan lagi nggak pakai produk apa-apa lainnya.

It broke my heart to bits! Huhuhu. Secara klaimnya organik dan secara harganya mahal (ini yang paling bikin sakit hati) hahaha. Terus ya, karena waktu awal beli Antipodes excited banget, aku ada ikutan PO toner sama face oil Antipodes lagi (pas lagi diskon di priceline), sekarang lagi otw pengiriman. Sekarang bimbang mau dijual lagi aja, atau dicoba walaupun ada kemungkinan nggak cocok. Huhuhu... Antipodes why Antipodes???